Kamis, 19 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MTs Al Washliyah Insanul Kamil

Safari Dakwah Perguruan Al-Inska 2023

Menjalin dan mengeratkan silaturrahmi merupakan hal yang wajib, dan menjadi sebuah keniscayaan yang mesti dilakukan oleh setiap muslim. Menjaga hubungan baik dan saling mengunjungi adalah bentuk konkrit dan nyata silaturrahmi. Dalam ajaran Islam,memberikan pendidikan terhadap anak tidak hanya terbatas pada hal-hal yang bersifat keduniaan saja, tetapi juga harus dibarengi dengan nilai-nilai agamis dan spiritual sebagaimana sabda Rasulullah SAW ”Tidak ada pemberian orang tua untuk anaknya yang lebih utama dari pada pendidikan tata krama yang baik”. (HR AT-Tirmidzi dan al-Hakim).

Perguruan Al Washliyah Insanul Kamil, dalam kaitan hal tersebut di atas melaksanakan kegiatan Sadari Dakwah Ke Perwiridan (SADARI). Yaitu kegiatan kunjungan silaturrahmi ke majelis majelis Perwiridan kaum ibu yang ada di kecamatan perbaungan, pegajahan, pantai cermin dan sekitarnya. SADARI (Safari Dakwah Ke Perwiridan) merupakan kegiatan safari dakwah yang dilakukan oleh siswa-siswi dari tingkat MIS dan MTS perguruan Insanul Kamil ke perwiridan ibu-ibu. Yang mana dalam pelaksanaannya, para siswa-siswi berkunjung silaturrahmi ke perwiridan kaum ibu dan memberikan ceramah singkat tentang pentingnya pendidikan anak yang berbingkai al-Qur’an dan as-Sunnah.

Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung dimulai dari tanggal 22 November  2023 di beberapa desa yang ada di sekitaran Kecamatan Perbaungan, Pegajahan, dan Pantai Cermin seperti Melati, Tualang, Suka Ramai, Suka Sari, Suka Mandi, dan desa lainnya. Kegiatan ini bertujuan membangun silaturrahmi antara madrasah kepada masyarakat dengan kunjungan yang dilakukan para murid MIS dan MTs Al Washliyah Insanuk Kamil dengan di dampingi oleh guru. Dalam kegiatan ini siswa diajari dan dibimbing untuk bersilaturrahmi secara langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu kegiatan yang dapat menyiarkan dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman utama dalam mendidik anak. Disamping itu kegiatan ini juga dapat bermanfaat membangun percaya diri murid tampil untuk berdakwah syiar agama islam. Dalam kunjungan tersebut siswa juga praktik dakwah dan ceramah singkat dihadapan majelis Perwiridan. Acara silaturrahmi diisi oleh siswa dengan pembawa acara, pembacaan ayat alquran dan ceramah singkat oleh murid MIS dan MTs Al Inska.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membawa berkah.. Amin.

KELUAR