Kamis, 19 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MTs Al Washliyah Insanul Kamil

Al Jam’iyatul Washliyah Buka Madrasah Baru Tingkat MTs Di Perbaungan

Al Jam’iyatul Washliyah adalah organisasi keagamaan yang mengemban amanah syiar dakwah islamiyah, berdiri sejak tahun 1930 (Medan 30 Nopember 1930).

Al jam’iyatul Washliyah yang sering dikenal dengan sebutan Al Washliyah bergerak di bidang sebagai berikut:

  • Pendidikan dan Kebudayaan
  • Dakwah dan Kaderisasi
  • Amar Makruf Nahi Munkar
  • Panti Asuhan dan Fakir Miskin
  • Ekonomi dan Kesejahteraan Umat

Bidang pendidikan dan kebudayaan merupakan amal Al Washliyah yang mendapat perhatian lebih dibanding bidang amal lainnya. Banyak lembaga pendidikan yang telah didirikan dan dibuka sejak lahirnya Al Washliyah,  mulai dari tingkat PAUD, RA/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/ALIAH/SMK hingga UNIVERSITAS. Lembaga pendidikan yang dibina oleh Al Washliyah tersebar di banyak provinsi. Sumatera sebagai provinsi kelahiran Al Washliyah memiliki lembaga pedidikan terbanyak dibanding provinsi lainnya.

Untuk di Provinsi Sumatera Utara, Al Washliyan memiliki lembaga pendidikan hampir di semua kabupaten/kota, termasuk kabupaten Serdang bedagai. Di Kabupaten Serdang Bedagai Al Washliyah memiliki lembaga pendidikan  tidak kurang dari 50 sekolah dan madrasah.

Lembaga pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah Al Washliyah di Kabupaten Sedang Bedagai yang sudah ada berjumlah 15 Madrasah. Dan di tahun 2022 Al Washliyah akan menambah satu lembaga pendidikan tingkat MTs di Kecamatan Perbaungan. Madrasah yang akan dibuka diberi nama “MTS AL WASHLIYAH INSANUL KAMIL”.

Dalam proses pendirian dan pengusulan Surat Izin Operasional (SIO) madrasah, Al Washliyah melalui Majelis Pendidikan Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai mendelegasikan tugas tersebut kepada Tim Pendirian MTs Al Washliyah Insanul Kamil. Tim Pendirian tersebut di Kordinatori oleh MUKHLIS, MA selaku ketua tim dan dibantu 4 (empat) orang anggota diantaranya; Muhammad Arif Sanjaya, M.Pd; Deniansah Damanik, SH; Muhammad Nurfadli, S.H.I; dan Riki Hamdani Nasution, S.T.

MTs Al Washliyah Insanul Kamil yang akan didirikan tersebut berlokasi di Jln. Waringin Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Badagai. Madrasah tersebut sementara waktu berasa satu lokasi gedung dengan MIS Al Washliyah Insanul Kamil. Dan untuk selanjutnya akan ditempatkan dikampus-2 Al-Inska diatas tanah wakaf dengan luas 5.000 M. Lahan tersebut berjarak 100 M dari gedung kampus-1 Al-Inska yang saat ini ditempati.

Diharapkan pendirian madrasah tersebut dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembentukan karakter generasi anak usia muda agar memiliki nilai-nilai keislaman yang baik dengan bingkai Alquran dan Sunnah dengan tetap memiliki wawasan keilmuan sains dan teknologi yang luas dan mendalam.

Pendirian MTs Al Washliyah Insanul Kamil Ini sendiri merupakan respon terhadap perkemabangan dan kelanjutan dari konsep pendidikan yang di bangun pada MIS Al Washliyah Insanul kamil dengan meningkatkan dan menambah program-program unggulan di bidang agama dan sains teknologi. Di samping itu pendirian madrasah ini juga respon terhadap harapan masayarakat dan permintaan para orang tua calon alumi MIS Al Washliyah Insanul Kamil yang menginginkan adanya sekolah/madrasah tingkat lanjutan yang sejalan dengan pola dan konsep pendidikan MIS Al Washliyah Insanul Kamil yang sudah berjalan sejak tahun 2013.

Dengan semakin meningkatnya permintaan dan harapan tesebut maka sejak tahun 2018 disusun langkah-langkah dan tahapan untuk mempersiapkan segala sesuatilu untuk tercapai dan berdirinya MTs Al Washliyah Insanul Kamil.

Diantara program yang akan menjadi ciri khas MTs Al Washliyah Insanul Kamil adalah Tahfizh Alquran, Tilawah Alquran, Kitab Kuning. Bukan hanya itu, penguatan pada bidang sains dan teknologi juga diprioritaskan seperti Lab. komputer, Club Matematika dan IPA. Bahkan untuk bidang seni seperti Nasyid, Tari, Pencak Silat juga di galakkan, dan masih banyak lagi program lainnya. Sehingga diharapian setelah tamat nanti, siswa alumni MTs Al Washliyah memiliki bekal yang cukup baik ilmu agama, sains dan juga seni.

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR