Kamis, 19 Sep 2024
  • Selamat Datang Di Website Resmi MTs Al Washliyah Insanul Kamil

Profile MTs Al-Inska

Profile MTs Al Washliyah Insanul Kamil

MTs Al Washliyah Insanul Kamil adalah Madrasah tingak menengah dalam naungan  organisasi oleh Al Ja’iyatul Washliyah (baca: Al Washliyah) di bawah binaaan Majelis Pendidikan Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai. Dalam proses pendiriannya Majelis Pendidikan Al Washliyah Kabupaten membentuk Tim Pendirian MTs Al Washliyah Insanul Kamil di tahun 2021 dengan menunjuk Mukhlis, MA selaku ketua tim dan dibantu 4 (empat) orang anggota yaitu: Muhammad Arif Sanjaya, M.Pd; Deniansyah Damanik, S.H; Muhammad Nurfadli, S.H.I, Riki Hamdani Lubis, S.T. MTs Al Washliyah Insanul Kamil berlokasi di Kampus-1 Al-Inska Jln. Waringin Desa Melati II Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai.

yang menjadi latar belakang berdirinya MTs Al Washliyah Isanul Kamil antara lain:

  1. Pentingnya Pendidikan islam bagi anak generasi usia sekolah terutama tingkat SLTP
  2. Menigkatnya tingkat pertumbuhan jumlah anak masa sekolah saat ini dibanding jumlah Pendidikan islam yang ada
  3. Pentingnya melanjutkan konsep program yang telah berjalan di tingkat MIS Al Washliyah Insanul Kamil dan di nilai blm ada konsep program yang sama atau lanjutan di tingkat SLTP
  4. Memperhatikan jumlah penerimaan siswa baru MTs Al Washliyah 16 Perbaungan tiap 3 tahun berturut yang sudah melampaui batas maksimal penerimaan dibanding dengan kapasitas jumlah ruangan/Gedung yang ada
  5. Turut beperan aktif dalam syiar dakwah islam melalui Pendidikan dan merupakan upaya membesarkan Al Washliyah melalui bidang Pendidikan.
  6. Menjalankan Amanah tanah wakaf untuk syiar agama melalui Pendidikan Islam dari pewakif.

Di awal pendiriannya, Ma Pendidikan Al Washliyah Kab. Serdang Bedagai mengangkat sdr. Mukhlis, MA menjadi kepala madrasah yang pertama. Selaku kepala madrasah pertama, Ia diberi tanggungjawab besar untuk membentuk iklim pendidikan dan membangun kualitas pendidikan yang baik. Banyak program yang harus dijalankan dan direalisasikan dengan baik, tertatur, dan bertahap.

Program kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum nasional yang mengacu pada Standar Pendidikan Nasional yaitu kurikulum Dinas Pendidikan dan kurikulum Kementerian Agama. Disamping menerapkan dan mengajarkan kurikulum nasional l, MTs Al-Inska juga menerapkan Kurikulum Diniyah dalam bentuk pelajaran kitab kuning (turats) dan Kurikulum Khusus Madrasah dalam bentuk materi pelajaran Kealwashliyahan dan program-program unggulan.

Visi yang menjadi tujuan utama dan arah pergerakan pendidikan yang dibangun dalam satuan pendidikan MTs Al Washliyah Insaul Kamil adalah:

“TERBENTUKNYA GENERASI MUSLIM BERIMAN BERILMU BERADAB DENGAN BINGKAI ALQURAN DAN SUNNAH”

Program-program peningkatan mutu kualitas pendidikan siswa yang dilaksanakan untuk mencapai visi di atas antara lain:

  1. Program Wajib
  1.     Tahfizh Alquran
  2.     Tahfizh Hadis
  3.     Tilawah Alquran
  4.     Kegiatan Munajat
  5.     Kegiatan Nyantri Sepekan (LKD)
  6.     Praktikum Ibadah dan Zikir
  7.     Kegiatan Pramuka
  1. Program Pilihan Wajib
  1.     Club Matematika
  2.     Club IPA
  3.     Club English
  4.     Club Arabic
  5.     Club PAI
  6.     Club Turats (Kitab Kuning)
  1. Program Pilihan Ekstra
  1.     Seni Pencak Silat
  2.     Sport Club
  3.     Seni Nasyid & Marhaban
  4.     Seni Kaligrafi
  5.     Sanggar Tari
  6.     Drumband Club
  7.     Mandarin Speaking

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR